SELAMAT DATANG DI NAGARI LAREH NAN PANJANG SELATAN KECAMATAN VII KOTO KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2024

Artikel

Jamur Tiram Nagari Lareh Nan Panjang Memiliki Potensi Meningkatkan Perekonomian

13 Maret 2023 23:36:47  Administrator  75 Kali Dibaca  Berita Lokal

Nagari Lareh Nan Panjang Selatan memiliki kelompok tani  yang bernama KWT Mutiara Saiyo, kelompok tani ini beranggotakan 13 orang yang di ketuai oleh Ratna Dewi. KWT Muatira Saiyo merupakan salah satu kelompok tani yang lebih bergerak di bidang perkebunan dan pembudidayaan. Seperti Cabe Rawit, Jambu Biji Merah, dan Jagung dan lain-lainnya. Sejak awal berdiri kelompok KWT Mutiara Saiyo sering melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pemerintah Nagari dalam rangka mengembang  produk-produk tani. Salah satu hasil yang menarik dari kelompok tani ini adalah membudidayakan Jamur Tiram yang bertempat di Korong Ampalu Tinggi. Kelompok tani ini  membudidayakan Jamur Tiram  dimulai pada awal tahun 2022. 

Meskipun baru membudidayakan Jamur Tiram, telah mampu menghasilkan pundi-pundi uang. 
Hasil panen  Jamur Tiram dari  KWT Mutiara Saiyo   telah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Nagari Lareh Nan Panjang Selatan yang sering diolah untuk sayuran.  Jamur tiram memang cocok diolah sebagai sayuran selain lebih sehat, jamur tiram juga dapat menjaga kesehatan jantung, kaya anti oksidan, dan mampu memperkuat sistem imun tubuh.
 Cara pemasaran Jamur Tiram ini yaitu mengantar jamur tiram dari rumah ke rumah, menitipkan Jamur Tiram ke toko-toko sembako. Harga jamur tiram yang dipasarkan juga ramah kantong yaitu Rp. 5000 perbungkusnya dengan berat 1ons.

Dalam membudidayakan  Jamur Tiram KWT Mutiara Saiyo   memanfaatkan  rumah yang tidak berpenghuni sebagai tempat pembudidayaan Jamur Tiram, mengingat dalam pembudidayaan Jamur Tiram memerlukan kelembapan dan  suhu ruangan tertentu. Meskipun tempat pembudidayaan Jamur Tiram di rumah yang tidak berpenghuni, namun
 kebersihan dan ke sterilan jamur tiram tetap di jaga.  Seperti sebelum menggunakan serbuk gergaji sebagai tempat untuk menanam bibit jamur tiram, serbuk tersebut terlebih dahulu di rebus untuk mematikan bakterinya. Sekarang terdapat 3 tempat pembudidayaan Jamur Tiram di tempat-tempat berbeda. Dalam sekali penanam bibit berjumlah 1000 baglog yang dipanen sekali 2 bulan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

ADMIN PRISMAROOM DCM
PRODESKEL EPDESKEL IDM
SDGS

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya pariaman sicincin
Nagari : Lareh Nan Panjang Selatan
Kecamatan : VII Koto Sungai Sarik
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25573
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:58
    Kemarin:40
    Total Pengunjung:31.292
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0