SELAMAT DATANG DI NAGARI LAREH NAN PANJANG SELATAN KECAMATAN VII KOTO KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2024

Artikel

Pemuda Ampalu Tinggi Melakukan Penuntupan Acara Pelepasan Ikan Larangan

09 Mei 2023 00:49:43  Administrator  63 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pemuda Ampalu Tinggi  Nagari Lareh Nan Panjang Selatan menyelenggarakan acara Palapehan Lauk Niat ( Pelepasan Ikan Larangan). Acara ini diselenggarakan dari tanggal 29 April - 5 Mei 2023 ( Sabtu-Jum'at) di Sungai Mangoi Masjid Kalampaian Korong Ampalu Tinggi Nagari Lareh Nan Panjang Selatan. Pada hari Sabtu tanggal 29 April 2023, acara pelepasan Ikan Larangan resmi ditutup di Masjid Kalampaian. Untuk menutup acara ini dilakukan berdoa bersama oleh Buya di Masjid Kalampaian. Berdasarkan informasi yang di dapatkan dari panitia acara terdapat 70 orang yang telah terdaftar sebagai peserta.

Acara ini terbuka untuk umum.  Masyarakat cukup membayar insert dengan Rp.100.000, maka dapat memanjing ikan dengan sepuasnya dari tanggal 29 April- 05 Mei. Ikan dari hasil pancing tersebut dapat di bawa pulang. Namun dalam acara ini terdapat beberapa aturan, yaitu tidak boleh memakai umpan pilus dan padi, memanjing di tempat yang telah di tentukan oleh panitia. 

Acara ini sengaja dilaksanakan setelah . Lebaran Idul Fitri, mengingat pada Lebaran Idul Fitri banyak masyarakat Nagari Lareh Nan Panjang Selatan yang pulang kampung. Dengan diadakan acara ini juga dapat memperkuat hubungan silaturrahmi antar masyarakat rantau, seperti yang disampaikan oleh salah satu masyarakat rantau yang menjadi peserta acara pelepasan ikan larangan " Saya sebagai masyarakat nagari sangat mengapresiasi acara ini, dengan adanya acara ini saya bertemu dengan teman -teman lama yang sudah lama tidak bertemu" Ujar salah satu masyarakat nagari  (Ibrahim, Ampalu Tinggi). 

Keuntungan dari acara pelepasan ikan larangan ini akan disumbangkan untuk keperluan Masjid Kalampaian, seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelummya keuntungan acara ini dibelikan CCTV untuk Masjid Kalampaian. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu Panitia Acara Hendro Junet " Alhamdulillah acara pelepasan ikan larangan berjalan dengan lancar, seperti biasa keuntungan acara ini akan di berikan untuk keperluan dari Masjid Kalampaian, seperti tahun kemaren keuntungan acara ini membelikan CCTV untuk Masjid Kalampaian". Acara pelepasan ikan larangan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemuda Ampalu Tinggi, dan acara yang di tunggu-tunggu oleh orang yang memiliki hobi memanjing.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

ADMIN PRISMAROOM DCM
PRODESKEL EPDESKEL IDM
SDGS

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya pariaman sicincin
Nagari : Lareh Nan Panjang Selatan
Kecamatan : VII Koto Sungai Sarik
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25573
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:29
    Kemarin:40
    Total Pengunjung:31.263
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0