SELAMAT DATANG DI NAGARI LAREH NAN PANJANG SELATAN KECAMATAN VII KOTO KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2024

Artikel

Rapat Persiapan Alek Nagari Lareh Nan Panjang Selatan

01 Februari 2023 02:15:41  Administrator  100 Kali Dibaca  Berita Lokal

Panitia Alek Nagari Lareh Nan Panjang Selatan kembali menggelar Rapat dengan agenda menentukan tanggal Alek Nagari. Rapat ini diadakan pada tanggal 30 Januari 2023 pulul 21.00, di laga-laga Ampalu Tinggi Kalampaian. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wali Nagari,  Alim Ulama, Ninik Mamak, Kapalo Mudo, Pemuda Pemudi,  Perangkat Nagari dan Kapalo Mudo dari nagari tetangga seperti dari Bisati, Lurah Ampalu dll. Dalam menentukan hari Alek Nagari,  panitia memang melibatkan seluruh kalangan termaksud nagari tetangga. Hal ini bertujuan agar Alek Nagari di Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, tidak hanya menjadi Alek Nagari LNPs saja tetapi menjadi alek bersama, sehingga 
Alek Nagari
dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Berdasarkan hasil musyawarah yang dilakukan, maka ditetapkan  hari Alek Nagari pada bulan Agustus sesudah acara Tabuik. Alek Nagari ini direncanakan di buka oleh penampilan Yona Irma,  dan pertujukan silek sehari semalam, lalu dilanjutkan dengan penampilan Indang. Berdasarkan pernyataan dari Panitia, Alek Nagari  direncanakan  diselenggarakan selama 8 hari. Namun menurut Panitia, hal ini dapat berubah, tergantung situasi nantinya.

Tujuan dilaksanakan Alek Nagari ini sebagai salah satu cara untuk melestarikan budaya, mengingat banyak para pemuda yang telah melupakan tradisi budaya. Pada hal tradisi budaya mengandung nilai-nilai kebaikan yang harus diwariskan. Selain itu, dengan Alek Nagari dapat memperkuat hubungan  silaturahim antar masyarakat dan antar masyarakat rantau.

Panitia Alek Nagari yang di ketuai oleh Zeki Hendrianto berharap seluruh masyarakat baik yang berada di kampung maupun di rantau dapat berpatisipasi untuk memeriahkan acara Alek Nagari.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

ADMIN PRISMAROOM DCM
PRODESKEL EPDESKEL IDM
SDGS

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya pariaman sicincin
Nagari : Lareh Nan Panjang Selatan
Kecamatan : VII Koto Sungai Sarik
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25573
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:27
    Kemarin:40
    Total Pengunjung:31.261
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0