SELAMAT DATANG DI NAGARI LAREH NAN PANJANG SELATAN KECAMATAN VII KOTO KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2024

Artikel

Pembahasan Rancangan APBNagari Tahun 2023 Nagari Lareh Nan Panjang Selatan

02 Maret 2023 00:07:58  Administrator  111 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pada tanggal 28 Februari 2023  Bamus beserta perangkat nagari mengadakan Pembahasan tentang  Rancangan APBNagari tahun 2023 di kantor Nagari Lareh Nan Panjang Selatan.
Penyusunan APBNagari tahun 2023 ini memang berbeda dari penyusunan APBNagari tahun sebelumnya, karena terdapat pengurangan Alokasi Dana Nagari (ADN) untuk tahun 2023 dengan selisih Rp.113.212.400. Pengurangan ADN untuk tahun 2023 ini  berdampak terhadap kegiatan yang ada di Nagari maka dari itu terjadi perubahan dalam menyusun APBNagari tahun 2023. Meskipun terjadinya pengurangan  ADN, Pemerintah Nagari Lareh Nan Panjang Selatan tetap berupaya untuk tetap memasukan kegiatan periotas ke APBNagari dan tetap berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Seperti yang diungkapkan oleh Wali Nagari Lareh Nan Panjang Selatan Zainal, S.S.T.Pi. " Penyusunan APB Nagari tahun 2023 memang mengalami sedikit kendala, karena terdapat pengurangan ADN dibandingkan tahun sebelumnya, maka dari itu kami mengadakan pembahasan kembali, agar kegiatan atau program yang dimasukkan dalam APBNagari merupakan benar-benar periotas. Meskipun ADN berkurang kami pemerintahan nagari berkomitmen untuk tetap mempertahakan kualitas pelayanan"
Pengurangan ADN terhadap nagari memang memiliki dampak yang cukup signifikan, mengingat ADN merupakan salah satu sumber pendapatan  bagi nagari. Meskipun ADN nagari berkurang pemerintahan nagari tetap berupaya untuk memaksimalkan pembangunan nagari dengan memanfaatkan sumber pendapatan nagari lainnya yaitu salah satunya dengan  (Dana Desa) DD, salah satu program dengan menggunakan DD adalah merencanakan 4 pembangunan fisik, yaitu Jalan Usaha Tani Kampuang Sorak, Jalan Usaha Tani Palak Kambia, Lanjutan Usaha Tani Kalodan, dan Peningkatan Saluran Irigasi Kampuang Dama. Hal ini bertujuan untuk memperlancar mobilitas penduduk dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu pemerintah nagari juga akan membuat perpustakaan mini, hal ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi masyarakat.
Sejatinya pembangunan Desa/Nagari merupakan suatu hal yang penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga terwujudnya Indonesia Maju. Oleh karena itu kemandirian dan inovatif nagari merupakan suatu hal yang penting. Salah satu bentuk kemandirian desa/nagari yaitu membuat perencanaan sendiri yang tertuang dalam RPJM Nagari  dan menjadi acuan dalam menyusun APBNagari dengan tetap mengikuti aturan yang telah ditetapkan.  Sebagaimana yang tercantum dalam UU No 6 Tahun 2014 tentang desa yang menyebutkan Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus  urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan  Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Oleh sebab itu Pemerintahan nagari berharap APBNagari yang telah disusun ini dapat berjalan dengan lancar dan cepat, agar kegiatan atau program yang telah disusun dapat dilaksanakan dengan cepat, sehingga terwujudnya kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Nagari Lareh Nan Panjang Selatan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

ADMIN PRISMAROOM DCM
PRODESKEL EPDESKEL IDM
SDGS

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya pariaman sicincin
Nagari : Lareh Nan Panjang Selatan
Kecamatan : VII Koto Sungai Sarik
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25573
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:27
    Kemarin:91
    Total Pengunjung:31.352
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0